Sunday, April 21, 2019

Proposal Pendirian Bisnis Desserts


SUMMARY EXECUTIVE
Pada saat ini para pengusaha kuliner telah menciptakan berbagai produk yang sangat populer dikalangan masyarakat. Bahkan produk-produk UKM memiliki peluang untuk didistribusikan dalam skala lokal, nasional maupun Internasional. Namun sayangnya, tidak semua produk yang diciptakan merupakan produk yang dapat terus bersaing untuk memenuhi tuntutan masyarakat. Tuntutan yang kami maksudkan adalah kebutuhan akan produk makanan yang berkualitas, aman, higienis, dan terjangkau. Bahkan Pada saat ini banyak usaha UKM yang kemudian tidak mampu bersaing karena adanya persaingan pasar.  Banyak diantara pengusaha kuliner menengah ke bawah hanya meniru produk dari UKM lain, sehingga originalitas produk menjadi terabaikan. Hal ini diperburuk dengan permainan harga. Disisi lain, masyarakat menengah kebawah memiliki kecenderungan untuk membeli produk kuliner yang murah tanpa memperhatikan kualitas produk yang dikonsumsi. Alhasil, pengusaha-pengusaha kuliner yang menjaga kualitas produknya, tetapi secara bersamaan menjaga stabilitas harga akan mungkin jatuh karena ada UKM-UKM lain bermunculan dan menghasilkan produk yang sama namun dengan harga yang lebih murah.
“Go-soya” menghadirkan produk makanan dalam bentuk “puding kedelai” guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan yang sehat dan bergizi. Masyarakat Kota Salatiga mungkin tidak asing dengan tahu, tempe, serta susu kedelai, namun tidak dengan puding kedelai. Puding kedelai merupakan salah satu produk olahan kedelai yang belum kami temukan di Kota Salatiga dan sekitarnya. Puding kedelai sebagai makanan penutup dapat diproduksi dengan proses yang lebih higienis dan terjangkau guna memenuhi asupan gizi tambahan bagi masyarakat.
Harapan kami kedepannya, usaha kami “Go-soya” akan menghasilkan inovasi-inovasi produk kedelai yang dikenal masyarakat Salatiga dan sekitarnya. Kami akan semaksimal mungkin berusaha berinovasi untuk mempertahankan kulitas produk dan menghasilkan produk yang memberikan manfaat dan kepuasan bagi masyarakat luas. Dengan demikian “Go-soya” akan berkembang dan mampu memberikan peluang kerja bagi masyarakat luas.




BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  Pendirian Usaha
Menciptakan peluang usaha dibidang kuliner merupakan salah satu bentuk usaha yang potensial dalam rangka pendapatan laba dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya dengan menciptakan makanan yang dapat dikonsumsi oleh semua usia tentunya akan memberikan potensi keuntungan bagi pengusaha dan bagi masyarakat sebagai konsumen di lingkungan Kota Salatiga dan sekitarnya.
Pada saat ini para pengusaha kuliner giat menciptakan produk makanan yang sederhana, inovatif, dan unik, sehingga produk yang mereka hasilkan menjadi populer dikalangan masyarakat. Dengan melihat peluang tersebut maka kami tertarik untuk mendirikan usaha dibidang kuliner yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan kuliner yang lain. Kuliner yang akan saya tawarkan adalah sejenis makanan penutup (dessert) yang cocok disajikan setelah hidangan utama.
Produk kuliner yang kami ciptakan adalah puding kedelai kedelai. Puding kedelai kedelai tersebut yang. Kacang kedelai merupakan bahan makanan yang sangat sering dijumpai sebagai bahan baku pembuatan tempe, tahu, dan susu kedelai yang sering dijual di supermarket atau di pedagang kecil. Kacang kedelai merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Kacang kedelai mengandung antioksidan yang tinggi, mePngurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker, mencegah osteoporosis, mengatasi gejala menopause, memberi efek baik bagi para penderita diabetes serta penderita penyakit ginjal. Bagi masyarakat yang berusaha menerapkan pola hidup sehat serta menjaga berat badan, tentunya susu kacang kedelai menjadi pilihan yang tepat.     
Selain mempertimbangkan manfaat dari kebaikan kacang kedelai tersebut dalam bentuk puding kedelai, kami berusaha memperkenalkan sebuah inovasi baru yang memberikan manfaat lebih pada masyarakat di Kota Salatiga dan sekitarnya dengan memanfaatkan peluang yang ada. Seperti yang kami ketahui bahwa pada saat ini masyarakat Kota Salatiga dan sekitarnya belum mengenal puding kedelai sebagai makanan penutup yang menyehatkan, namun belum ada pengusaha kuliner yang memanfaatkan peluang tersebut, sehingga kami tergerak untuk memanfaatkan peluang usaha ini dengan mendirikan “Go-soya”.


B.     Visi bisnis
Menjadikan “Go-soya” sebagai usaha yang dikenal masyarakat dengan menghasilkan produk yang memberikan manfaat dan kepuasan bagi masyarakat.
C.    Misi bisnis
1.      Mengutamakan kualitas dalam pembuatan produk dan pelayanan.
2.      Berorientasi pada kepuasan konsumen.
3.      Mengembangkan inovasi, baik dalam pembuatan produk maupun pelayanan.
4.      Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis.
D.    Tujuan bisnis
Tujuan umum kami untuk mendirikan “Go-soya” antara lain:
1.      Mendapatkan keuntungan
2.      Memiliki penghasilan sendiri
3.      Mengurangi beban pengeluaran keluarga
4.      Memperoleh pengalaman yang berharga dalam berwirausaha
5.      Menciptakan lapangan kerja sendiri
6.      Menciptakan inovasi kuliner yang baru dan digemari masyarakat
Tujuan Khusus kami untuk mendirikan “Go-soya” antara lain:
1.      Memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan
2.      Melatih kami untuk berwirausaha
E.     Gambar Produk


BAB II
PEMASARAN
A.    Gambaran Umum Pasar
1.      Segmentasi pasar
Pada dasarnya “Go-soya” menciptakan puding kedelai sebagai makanan penutup yang dapat dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat karena harga yang terjangkau. Selain itu puding kedelai juga dapat dikonsumsi oleh semua usia, meskipun tidak disarankan untuk dikonsumsi balita usia 0-2 tahun. Kami berinisiatif untuk membuat puding kedelai cup ukuran kecil untuk anak-anak, tentunya dengan harga yang lebih murah, sehingga dapat meyesuaikan uang saku dan porsi makan mereka. Untuk membuat produk kami lebih menarik bagi anak-anak kami menyediakan varian rasa yang berbeda seperti: rasa original, gula merah, coklat, serta rasa buah (melon, pisang, dan stroberi).
Bagi remaja dan usia dewasa kami menyediakan puding kedelai dengan varian rasa yang sama namun kami akan memberikan kesempatan pada konsumen untuk usia tersebut, memilih puding kedelai rendah gula (low-sugar) dengan ukuran cup sedang. Selanjutnya, untuk usia tua kami menyediakan puding kedelai rendah gula (low-sugar) atau dengan menggunakan gula jagung sebagai alternative bagi para penderita diabetes. Selain mempertimbangkan tingkat usia, kami juga ingin menyediakan puding kedelai dengan ukuran cup besar (jumbo) agar dapat dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Selain untuk memudahkan pengiriman, dengan adanya cup jumbo.
2.      Target pasar
Target Pasar terutama adalah Mahasiswa di Universitas Kristen Satya Wacana dan seluruh masyarakat yang berdomisili di Kota Salatiga. Sasaran pembeli kami mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, menengah, dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu membeli produk yang kami tawarkan, karena harga yang kami tawarkan cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan untuk cup besar adalah Rp 5000,-, cup sedang Rp 4000,- cup jumbo Rp 10.000,-.




3.      Permintaan
a.       Prediksi jumlah permintaan: Kami yakin produk kami akan sangat diminati masyarakat. Namun dengan keterbatasan modal dan tenaga kami memperkirakan bahwa kami hanya mampu menghabiskan maksimal 3kg kedelai perhari. Jumlah tersebut akan menghasilkan 12 Liter susu kedelai (60 cup puding kedelai ukuran sedang) dengan harga 7.500,- per cup.
b.      Proyeksi permintaan konsumen dalam beberapa periode mendatang Dalam menjalankan usaha ini: Dengan gencarnya penggunaan sosial media di semua kalangan masyarakat, maka puding kedelai yang kami produksi akan lebih dikenal masyarakat. Dengan demikian, kami memperkirakan untuk satu tahun kedepan kami akan mampu menjual minimal 200 cup ukuran sedang setiap harinya.
B.     Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Kami mengharapkan agar puding kedelai tetap segar ketika sampai ke tangan konsumen.Untuk itu kami memutuskan agar konsumen melakukan preorder.  Karena pembuatan puding kedelai membutuhkan waktu sedikitnya 7 jam, maka konsumen harus melakukan pemesanan kurang lebih 8 jam sebelumnya. Oleh karena itu kami membuka pemesanan dari jam 06.00-13.00 WIB. Sistem preorder juga akan membantu kami untuk menghindari kerugian. 
C.    Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT
Berikut beberapa strategi pemasaran kami:
1.      Slogan “Go-soya adalah “the wellness of soy”
2.      Bermitra dengan kantin-kantin sekolah dan perguruan tinggi
3.      Menerima Pesanan untuk acara
4.      Promosi akan dilakukan melalui jaringan sosial media yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram
5.      Komitmen pelayanan kami adalah; “Melayani sepenuh hati dengan produk yang berkualitas dan bergizi”.




D.    Analisa SWOT
FAKTOR EKSTERNAL/
FAKTOR INTERNAL
STRENGTH
a.       Dapat dikonsumsi semua usia.
b.      Bahan baku mudah didapat.
c.       Produk masih tergolong unik (belum ada produsen lain yang memproduksi produk yang sama)
d.      Produk menyehatkan dan higienis
e.       Harga produk terjangkau
f.       Produk tidak menggunakan pengawet.

WEAKNESSES
a.       Modal terbatas
b.      Memerlukan waktu yang lama untuk proses produksi.
c.       Jumlah produksi terbatas.
d.      SDM terbatas
e.       Belum memiliki label resmi
f.       Pemasaran belum meluas.
g.       Produk mudah ditiru oleh produsen lain.
h.      Produk harus segera disimpan di kulkas untuk menjaga produk tetap segar sebelum dikonsumsi.
i.        Kemasan produk kurang menarik dan mudah tumpah
OPPORTUNITY:
a.       Belum ada produsen lain yang memproduksi produk yang sama.
b.      Kami dapat berinovasi dengan memproduksi puding dengan berbagai varian rasa.
SRATEGY STRENGTH OPPORTUNITY
a.       Kami berusaha mempromosikan produk di berbagai sosial media.
b.      Memilih bahan yang berkualitas.
c.       Menyarankan pada konsumen untuk meyimpan produk ke dalam kulkas jika produk tidak segera dikonsumsi.
d.      Menjaga kebersihan proses produksi.
STRATEGI WEAKNESS OPPORTUNITY
a.       Jika permintaan akan produk meningkat, kami akan berusaha menambah SDM.
b.      Meningkatkan jumlah produksi produk untuk event.
c.       Memasang solatip pada kemasan puding untuk mencegah puding tumpah.
d.      Kami akan berusaha membuat design kemasan berlogo “go-soya”
THREAT
a.       Produk sangat mudah untuk ditiru.
b.      Produsen lain menjual produk dengan harga yang lebih murah.
STRATEGY STRENGTH THREAT
a.       Kami berusaha menjaga kualitas dan keaslian produk.
b.      Melakukan inovasi baru pada rasa produk
STRATEGY WEAKNESS THREAT
a.        Mengembangkan produk dengan varian baru yang berbeda.
b.      Mendesign kemasan produk yang unik.
c.       Mempertahankan kualitas dan harga produk.

BAB III
ORGANISASI DAN MANAJEMEN

A.    Organisasi
1.      Nama Organisasi                        :           Go-Soya
2.      Pemilik/ Pemimpin                     :           Novia Stevani             (802016049)
Jessica Elfalianda S     (802016167)
Yustanti                      (802016196)
Elizabeth Febe Y S     (802016197)
Reimona Sapakoly      (802016059)

3.      Alamat Kantor/ Usaha               :           Via Instagram = @Go-soyaofficial
4.      Struktur Organisasi                    :           Ketua                         : Novia
            Sekretaris                    : Jessica Elfalianda
            Bendahara                   : Elizabeth Febe
Marketing                    : Yustanti
Penanggung jawab      : Reimona Sapakoli

B.     Perijinan
1.      SIUP (belum ada)
2.      NPWP (belum ada)
3.      Ijin lingkungan RT/RW (belum ada)
4.      Akta Pendirian Organisasi (belum ada)

C.     Kegiatan pra-operasional dan Jadwal pelaksanaan
Buka                            : Setiap hari Senin – Jumat
Pukul                           : 06-00 – 21.00 WIB
Sistem pembelian        : Preorder
           
D.    Inventaris Kantor dan supply kantor:
Bahan:
1.      Cup
2.      Sendok agar-agar
Alat:
1.      Blender
2.      Saringan
3.      Panci rebus

BAB IV
PRODUKSI
A.    Produk
1.      Dimensi Produk
a.       Performance (kinerja)
Produk kami dikemas dengan cukup praktis dan menarik dalam cup dengan ukuran-ukuran yang preferable. Selain itu kami menyediakan sendok plastik, sehingga produk kami dapat dikonsumsi di manapun dan kapanpun.
b.      Feature (Fitur)
Pemesanan produk kami dapat dilakukan secara online melalui akun Instagram kami (@Go-soyaofficial) atau akun Facebook kami Gosoya Salatiga atau No HP Go-soya (082312011717). Pemesanan minimal 2 cup dengan harga delivery order Rp 2000,- untuk wilayah Salatiga, Pemesanan dalam jumlah banyak (diatas 10 cup) tidak akan dikenai biaya pengiriman.
c.       Reliability (Kehandalan)
Produk puding kedelai yang kami hasilkan tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi kami sebagai produsen karena kami menawarkan kualitas makanan yang baik dana man untuk dikonsumsi.
d.      Conformance (Kesesuaian)
Untuk pembuatan produk kami, kami memilih bahan baku yang berkualitas (kedelai yang masih baru/tidak terkena jamur), tidak disimpan dalam kondisi lembab. Selain itu, kami menggunakan gula murni, bukan pemanis buatan. Kualitas dan keamanan produk kami tidak dapat diragukan karena kami tidak menggunakan segala jenis bahan pengawet. Kami percaya, dengan komitmen kami dalam menjaga kualitas produk tersebut, produk kami akan dapat diterima di masyarakat luas.
e.       Durability (Ketahanan)
Puding kedelai yang kami produksi dapat bertahan selama 24 jam jika disimpan di dalam kulkas, namun harus dikonsumsi dalam 6 jam setelah keluar dari kulkas (lemari pendingin)
f.       Serviceability
Dalam penjualan puding kedelai kami tidak menerima pemesanan diluar jam yang telah kami tentukan. Delivery order hanya dapat kami lakukan selambat-lambatnya jam 21.00 WIB
g.      Estetika/keindahan (Aesthetics)
Pada dasarnya puding kedelai yang kami produksi sangat mirip dengan puding kedelai. Namun tekstur puding kedelai lebih lembut dan tidak sekenyal puding kedelai. Puding kedelai cenderung lebih creamy dibandingkan dengan puding kedelai pada umumnya, karena puding kedelai dibuat dari susu kedelai dari perasan pertama. Puding kedelai yang kami produksi memiliki berbagai varian rasa. Dengan demikian bencurd yang kami produksi kelihatan menarik dan memang memiliki cita rasa yang menarik.
h.      Perceived quality (Kesan kualitas)
Kami berpikir bahwa masyarakat belum sepenuhnya mengetahui kandungan gizi dan manfaat susu kedelai bagi kesehatan, untuk itu kami akan berusaha memperkenlkan keutamaan produk kami kepada masyarakat Kota Salatiga dan sekitarnya.


2.      Nilai manfaat produk
Produk “Go-soya puding kedelai merupakan produk yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat. Seperti yang telah kami paparkan sebelumnya, kacang kedelai merupakan salah satu bahan makanan yang bergizi tinggi. Kacang kedelai mengandung antioksidan yang tinggi sehingga membantu mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker dan osteoporosis, mengatasi gejala menopause, memberi efek baik bagi para penderita diabetes serta penderita penyakit ginjal. Bagi masyarakat yang berusaha menerapkan pola hidup sehat serta menjaga berat badan, tentunya puding kedelai menjadi pilihan yang tepat untuk menambah asupan gizi.     
B.     Proses Produksi
Proses pembuatan puding kedelai:
1.      Cuci bersih1 ons  kacang kedelai, kemudian rendam selama kurang lebih 8 jam
2.      Rebus dengan air mendidih,lalu diamkan
3.      Pisahkan kedelai dari kulitnya (optional)
4.      Blender hingga halus dengan 200ml air
5.      Peras untuk ekstrasi kedelai untuk menghasilkan susu kedelai
6.      Rebus Panaskan 1/2 bagian susu kedelai sampai hangat saja-mencapai 50 derajat celcius (rebus dengan api kecil) sambil terus diaduk masukkan kira-kira 10 gram gula merah, jangan sampai susu mendidih
7.      Jika suhu sudah mencapai kurang lebih 80 derajat celcius matikan api, aduk terus hingga uap berkurang
8.      Di panci terpisah masukkan premix puding, aduk dengan air 600ml, aduk rata, rebus hingga mendidih.
9.      Campurkan susu kedelai yang sudah direbus dengan rebusan puding premix,
10.  Tuang ke dalam cup, buat lapisan rasa sesuai selera
11.  Setelah dingin masukkan parutan keju dan oreo untuk toping
12.  Simpan di kulkas
C.     Kapasitas Produksi
Sekali produksi kami mampu menghasilkan 30 cup puding kedelai.
D.    Tanah dan Bangunan
Kami akan menggunakan rumah Yustanti sebagai tempat produksi sementara.
E.     Pemasangan sarana Penunjang
Untuk produksi puding kedelai skala kecil pemasangan sarana penunjang tidak dibutuhkan.
F.      Mesin dan Peralatan
Peralatan yang kami butuhkan: blender, saringan, panci rebus, sendok sayur, sendok makan, neraca, kompor gas kulkas (optional), bahan bakar motor (untuk delivery order dan transportasi pembelian bahan baku)
G.    Bahan baku dan Bahan Pembantu
Bahan baku dan bahan pembantu yang kami butuhkan untuk membuat puding kedelai antara lain:
Kacang kedelai, gelatin bubuk, air galon, cup, gula, dan syrup
H.    Tenaga Produksi
Untuk permulaan kami sendiri yang akan melakukan pembelian bahan baku, melakukan proses produksi, dan melakukan delivery order.





























BAB V
KEUANGAN

A.    Modal Awal
No
Nama
Harga (Rp)
Kuantitas (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Bahan-Bahan yang telah disebutkan dalam Biaya Bahan per hari
-
-
47.500

Total
57.100

B.     Biaya Bahan Per Produksi
No
Nama Bahan
Harga satuan (Rp)
Biaya keseluruhan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Kacang kedelai/0,1kg
8.000
800
800
2
Pudding premix
8.000
24.000
24.000
3
Gula merah (50 gram)
16.000
800
800
4
Gula putih (0,25 kg)
14.000
3500
3500
5
Biaya operasional (listrik + kompor)
-
-
5.000
6
Keju
8.500
8500
8.500
7
Oreo
5.000
5.000
5.000
8
Cup
10.000
6.000
6.000
9
Sendok
5.000
3.000
3.000
10
Plastik


500

Total
57.100

C.    Perhitungan Keuntungan
Perhitungan hasil penjualan dipotong dengan biaya produksi. Dengan modal awal berjumlah Rp 57.100,- kami dapat menghasilkan 30 cup yang kami jual dengan harga Rp 4.000,- per cup. Penghasilan kami adalah (Rp 4000,-x30 cup)= Rp 120.000,- . Maka laba kotor (tanpa menghitung biaya SDM) (120.000-57.100)= Rp 62.900,-

D.    Neraca Saldo
GO SOYA NERACA SALDO
PER 15 NOVEMBER 2018
AKUN
DEBIT
KREDIT
Kas
57100

Biaya bahan 30 cup

52100
Biaya operasional

5000



Saldo
57100
57100


No comments:

Post a Comment

Luangkanlah waktu untuk berkomentar di blog ini. Berkomentarlah secara bijak( jangan SPAM). Komentar anda adalah suatu kebanggaan buat saya.

PERSIAPAN SEBELUM MENGAJAR | CINTAILAH PROFESI ANDA

  Bila seseorang sedang jatuh cinta, apa pun akan dilakukan untuk   mendapatkan cintanya. Tidak cukup waktu, energi, harta,   benda, bahkan ...