Saturday, January 14, 2023

PERSIAPAN SEBELUM MENGAJAR | CINTAILAH PROFESI ANDA

 

Bila seseorang sedang jatuh cinta, apa pun akan dilakukan untuk  mendapatkan cintanya. Tidak cukup waktu, energi, harta,  benda, bahkan nyawa sekalipun akan dipertaruhkan. Sesuatu yang  lebih mengherankan, rasa cinta dapat mengalirkan energi baru pada  seseorang yang sebenarnya telah kehilangan energi sebelumnya karena  perjuangan yang begitu keras. Hal ini akan sangat menjadi luar biasa  jika rasa cinta dimiliki seorang guru pada dunia pendidikan.  Oleh karena itu, sebagai seorang guru seharusnya selalu mencintai  profesinya sebagai seorang pengajar. Bila tidak, jangankan bagi anak  didiknya, bagi diri sang guru juga menjadi berat untuk menjalankan  aktivitas sehari-hari guna memenuhi tugas mulia ini. Tanpa dilandasi  rasa cinta terhadap profesi ini niscaya apa yang menjadi harapan  dunia pendidikan pasti tidak akan terwujud. Ada baiknya kita telusuri  beberapa tipe guru di dunia pendidikan saat ini.  

 Pertama, seorang guru yang benar-benar bercita-cita ingin  menjadi guru. Orang dengan tipe ini akan mempunyai keinginan yang  kuat atau bercita-cita untuk menjadi guru semenjak dia masuk kuliah.  Orang ini biasanya menempuh pendidikan di bangku kuliah dengan  berkonsentrasi di jurusan ilmu keguruan dan pendidikan. Salah satu  faktor yang mendukung ia masuk dunia pendidikan biasanya dari keluarga. Entah itu ayahnya, ibunya atau keduanya yang berprofesi  sebagai guru. Atas bimbingan dan arahan orangtuanya, ia berkeinginan  kuat menjadi guru. Namun, ada juga orang yang berkeinginan jadi  guru karena timbul dari diri sendiri. Ia telah mempunyai pandangan  bahwa menjadi guru adalah pilihannya karena terobsesi ingin dekat  dengan anak-anak.   

Kedua, menjadi guru karena pekerjaan. Orang dengan tipe ini  menjadikan profesi guru karena tuntutan bahwa ini harus mempunyai  pekerjaan. Setiap orang tentunya membutuhkan pekerjaan untuk  mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Pekerjaan  menjadi guru bisa diandalkan untuk mendapatkan penghasilan  terutama menjadi guru yang berstatus PNS. Apalagi sekarang ini  dengan adanya tunjangan sertifikasi, penghasilan seorang guru sangat  menjanjikan. Ditambah lagi dengan adanya uang pensiun untuk  kehidupan di hari tua. Namun, tidak sedikit guru yang sudah berstatus  PNS hanya mengajar sebatas memenuhi kewajibannya saja. Dia tidak  memiliki rasa cinta terhadap bidang pekerjaan sebagai seorang guru.

Ketiga, terpaksa menjadi guru. Tipe guru ini adalah menjadi  guru karena semata-mata faktor keterpaksaan belaka. Yang banyak  terjadi adalah karena tuntutan orangtuanya yang menginginkan  anaknya menjadi guru. Padahal, ia sama sekali tidak ada keinginan  untuk menjadi seorang guru. Namun, orangtuanya dengan berbagai  pertimbangan dan alasan tetap memaksanya untuk menjadi guru.  Sementara itu, sang anak sama sekali tidak berani membantah dan  hanya menurut perintah dari orangtuanya. Akibatnya, jadilah ia  menjadi seorang guru yang terpaksa.

Oleh karena itu, apa pun penyebab dan motivasi seseorang untuk  menjadi guru pada awalnya, seiring berjalannya waktu, hendaknya  mencintai profesi guru ini. Dengan demikian, nantinya dalam  menjalankan profesi ini penuh semangat tanpa mengenal lelah. 

No comments:

Post a Comment

Luangkanlah waktu untuk berkomentar di blog ini. Berkomentarlah secara bijak( jangan SPAM). Komentar anda adalah suatu kebanggaan buat saya.

PERSIAPAN SEBELUM MENGAJAR | CINTAILAH PROFESI ANDA

  Bila seseorang sedang jatuh cinta, apa pun akan dilakukan untuk   mendapatkan cintanya. Tidak cukup waktu, energi, harta,   benda, bahkan ...