Tuesday, April 23, 2019

Distribusi Frekuensi


1. Distribusi frekuensi: bentuk representasi data berupa kelompok data (kelas) dan  frekuensi dari masing-masing kelas tersebut.[1]
Contoh: (tabel distribusi frekuensi)
Nilai TAS Mahasiswa
Frekuensi
51-60
3
61-70
5
71-80
8
81-90
12
91-100
2
2.
a.    Interval kelas: interval yang diberikan untuk menetapkan kelas-kelas dalam distribusi.[2]
51-60, 61-70, 71-80, 81-90, 91-100
b.    Batas kelas: nilai yang membatasi kelas yang satu dengan yang lainnya.[3]
51, 60, 61, 70, 71, 80, 81, 90, 91, 100
c.    Batas nyata kelas: bilangan terkecil dan terbesar sesungguhnya yang masuk dalam kelas interval tertentu.[4]
50.5, 60.5, 70.5, 80.5, 90.5
d.    Lebar interval kelas: selisih antara batas atas dan batas bawah dari batas nyata kelas.[5] Misal: lebar interval kelas 51-60 adalah 60.5 - 50.5 = 10.
e.    Nilai tengah kelas: nilai yang tepat berada di tengah kelas; rata-rata batas nyata kelas.[6] Misal: kelas 61-70 memiliki nilai tengah ½ * (60.5 + 70.5) = 65.5
3. Langkah penyusunan Distribusi Frekuensi:
a.    Menentukan banyaknya kelas (k),
k = 1 + 3.322 log n
k = banyaknya kelas (bil. bulat), n = banyaknya data
b.    Menentukan jangkauan (range, R) dari data.
Jangkauan = data terbesar – data terkecil
c.    Menentukan panjang interval kelas (i).
Panjang interval kelas (i) = jangkauan (R) / banyaknya kelas (k)
d.    Menentukan batas bawah kelas pertama dan batas atasnya.
e.    Menentukan batas atas dan batas bawah kelas lainnya.
f.     Menuliskan frekuensi kelas secara melidi dalam kolom turus sesuai banyaknya data.
4. Case:
a.    Banyak kelas = 1 + 3.322 log 80 = 7.322 ≈ 7
b.    Range = 99 – 35 = 64
c.    Panjang interval kelas = 64 / 7 = 9.14 ≈ 10
d.    Tabel:
Nilai Ujian Statistik
Frekuensi
35-44
3
45-54
2
55-64
8
65-74
22
75-84
21
85-94
20
95-104
4

Interval Kelas
Batas Kelas
Nilai Tengah
Frekuensi
Frek Kumulatif
35-44
34,5-44,5
39,5
3
3
45-54
44,5-54,5
49,5
2
5
55-64
54,5-64,5
59,5
8
13
65-74
64,5-74,5
69,5
22
35
75-84
74,5-84,5
79,5
21
56
85-94
84,5-94,5
89,5
20
76
95-104
94,5-104,5
99,5
4
80


*Special note: hati-hati dengan pembulatan i dan k, cek apakah i * k >= R+1





[1] http://febrineldiko.files.wordpress.com/2012/12/bab_ii_distribusi_frekuensi.pdf
[2] http://amethyst070188.files.wordpress.com/2011/04/distribusi-frekuensi.pdf
[3] http://web.unair.ac.id/admin/file/f_20025_5c.ppt
[4] http://julanhernadi.files.wordpress.com/2009/03/stat_das-bab-ii.pdf
[5] http://julanhernadi.files.wordpress.com/2009/03/stat_das-bab-ii.pdf
[6] http://web.unair.ac.id/admin/file/f_20025_5c.ppt

No comments:

Post a Comment

Luangkanlah waktu untuk berkomentar di blog ini. Berkomentarlah secara bijak( jangan SPAM). Komentar anda adalah suatu kebanggaan buat saya.

PERSIAPAN SEBELUM MENGAJAR | CINTAILAH PROFESI ANDA

  Bila seseorang sedang jatuh cinta, apa pun akan dilakukan untuk   mendapatkan cintanya. Tidak cukup waktu, energi, harta,   benda, bahkan ...