Thursday, February 23, 2012

Membuat Daftar Isi Blog

Hai sobat,,ini ada sedikit tutorial untuk membuat tabel daftar isi dari blog yang kita miliki. Daftar isi ini sangat berguna untuk mempercepat pengunjung di blog kita mencari informasi yang mereka cari. Langsung aja yuuk..

Langkahnya cukup mudah kok, sobat tinggal mengcopy-paste kode di bawah ini pada widget HTML/Javascript maupun pada postingan yang pastinya dalam mode edit HTML. Berikut kodenya :

<div style="overflow:auto;width:250px;height:250px;border:0px solid #eee;padding:8px;margin:10px 0 0"><script src="http://script-daftar-isi-menoer.googlecode.com/files/scrip%20daftar%20isi%20menoer.txt"></script><script src="http://kamar3ventilasi.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script></div>


Catatan:

  1. Sobat bisa ganti angka  berwarna biru dengan ukuran yang di kehendaki (width: lebar tabel daftar isi, height: tinggi dari tabel daftar isi ).
  2. Huruf yang berwarna merah bisa diganti dengan alamat feed blog sobat
Berikut adalah cara mengetahui feed dari blog sobat :

  1. Buka blog kita di browser Mozilla Firefox
  2. Lalu klik kanan di sembarang halaman blog kita
  3. Klik "View Page Info"
  4. Akan muncul jendela pop up ( Lihat gambar 1 )
  5. Klik Tab "Feed"
  6. Nah, pada halaman pop up itu akan muncul URL feed blog sobat ( Kalau memang blog sobat mendukung script RSS fed, tapi biasanya sudah di sediakan script RSS feed nya )
  7. Salin URL feed yang saya tandai dengan kotak berwarna biru ( Lihat gambar 1 )
  8. Paste pada kode Daftar Isi Blog di atas yang berwarna merah
  9. Selesai
Gambar 1


Semoga postingan ini bermanfaat dan selamat mencoba 

No comments:

Post a Comment

Luangkanlah waktu untuk berkomentar di blog ini. Berkomentarlah secara bijak( jangan SPAM). Komentar anda adalah suatu kebanggaan buat saya.

PERSIAPAN SEBELUM MENGAJAR | CINTAILAH PROFESI ANDA

  Bila seseorang sedang jatuh cinta, apa pun akan dilakukan untuk   mendapatkan cintanya. Tidak cukup waktu, energi, harta,   benda, bahkan ...