Saturday, January 26, 2019

Cara Menampilkan Taskbar/Menu start yang tiba-tiba hilang di windows


Kesempatan ini saya akan membahas mengenai masalah yang seringkali terjadi saat memakai Windows, terutama windows 7. Masalah itu tidak lain adalah menu taskbar beserta ikonnya mendadak hilang. Hal pertama yang  anda lakukan adalah mencari penyebabnya dahulu dari hilangnya taskbar.
Nah berikut ini penyebabnya
  • Taskbar secara tidak sengaja di-resize dan tersembunyi di bagian bawah layar.
  • Di Windows 7 dan Windows Vista, ketika ukuran resolusi tampilan layar baru diubah, taskbar dapat tergeser ke area yang tidak terlihat di bawah layar.
  • Taskbar di-set agar secara otomatis disembunyikan saat tidak aktif (fitur auto-hide).
  • Proses explorer.exe mengalami crash. Explorer.exe adalah program yang bertanggung jawab atas sebagian besar interface di sistem operasi Windows.

Kita akan bahas satu persatu cara menampilkan taskbar atau menu start yang hilang beserta ikonnya.
Cara 1: Unhide taskbar




Kasus taskbar yang hidden bisa diatasi dengan cara masuk ke Control panel. Klik Taskbar and Navigation, lalu hilangkan centang Auto-hide the taskbar. Alangkah lebih baiknya kalua lokasi taskbar terletak di bawah layar yaitu dengan memilih taskbar location on screen, pastikan yang dipilih adalah Bottom.

Cara 2: Ubah ukuran layar
Jika Anda sering menghubungkan komputer Anda dengan layar eksternal, maka ada kemungkinan bahwa taskbar menghilang dikarenakan pengaturan ukuran layar yang tidak sesuai sehingga taskbar berada di area layar yang tak ditampilkan. Di Windows, Anda bisa menekan tombol Windows dan P pada keyboard Anda secara bersamaan untuk memilih opsi mode tampilan. Anda juga bisa mengubahnya melalui Control Panel, lalu pilih Display, dan klik Adjust Resolution or Change Display Settings. Cobalah ubah mode tampilan menjadi Computer Only.
Cara 3: restart Explorer.exe

Taskbar yang hilang bisa jadi disebabkan Explorer.exe yang crash. Untuk memunculkan kembali dengan mudah yaitu dengan cara menekan CTRL+ALT+DEL secara bersamaan dan pilihlah Task manager. 
Pilih dan klik menu File, lalu klik Run New Task, kemudian isikan explorer.exe  . Kemudian baru tekan enter.

6 comments:

  1. Terima kasih ilmu nya, sy mengalami yang no. 3,dan setelah mencoba cara diatas langsung muncul lagi taskbarnya

    ReplyDelete
  2. Saya udah coba semua step diatas, tapi tetep tidak muncul taskbarnya. Mohon bantuannya dong. Terimakasih

    ReplyDelete

Luangkanlah waktu untuk berkomentar di blog ini. Berkomentarlah secara bijak( jangan SPAM). Komentar anda adalah suatu kebanggaan buat saya.

PERSIAPAN SEBELUM MENGAJAR | CINTAILAH PROFESI ANDA

  Bila seseorang sedang jatuh cinta, apa pun akan dilakukan untuk   mendapatkan cintanya. Tidak cukup waktu, energi, harta,   benda, bahkan ...